Monday, October 15, 2012

Memandikan Bayi

Memandikan Bayi - Manfaat Memandikan Bayi Banyak aktifitas yang bisa dilakukan oleh seorang ibu baru yang belum lama memiliki bayi dan buah hati. Dari hal yang wajib seperti menyusui bayi karena begitu banyak manfaat menyusui bayi yang dapat diperoleh baik itu bagi sang ibu sendiri dan juga manfaat pemberian ASI kepada sang bayi. Termasuk dari pengalaman memandikan bayi dan juga akan manfaat memandikan bayi itu sendiri.

Inspirasi mengenai postingan artikel mengenai memandikan bayi serta juga manfaat memandikan bayi ini Taman Berbagi ini Ibnu dapatkan dari entri yang sahabat blogger satu ini yaitu Portal Kesehatan yang banyak mengulas mengenai dunia kesehatan, tips kesehatan dan juga mengenal akan berbagai macam jenis penyakit yang dalam tiap ulasannya akan sangat berarti dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan khususnya dalam bidang kesehatan.

Manfaat Memandikan Bayi

Beragam cara bisa ditempuh bagi seorang ibu agar dalam hal mandi ini dapat menjadi acara yang menyenangkan dan juga bisa digunakan sebagai sarana serta media cara menstimulasi bayi. Sebenarnya prinsip cara memandikan bayi yang lebih besar akan lebih mudah dibandingkan dengan memandikan bayi yang mempunyai ukuran dan bobot tubuh yang lebih kecil. Hal ini karena perbedaan dalam hal fisik dan berat badan. Pada anak / bayi yang lebih besar punggungnya sudah tegak dan lehernya pun sudah mulai kuat. Sehingga bayi dapat didudukkan ketika disabuni dan juga pada saat dibilas. Hal tersebut juga berlaku untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas.

Manfaat memandikan bayi juga banyak. Salah satunya seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu untuk menstimulasi berbagai hal pada sang bayi. Stimulasi pada anak bisa dicoba dengan memasukkan beberapa mainan ke dalam bak mandinya si kecil pada saat mandi. Pada saat itulah biasanya si kecil akan banyak melakukan aktivitas menghentak-hentakkan kaki serta tangannya pula di dalam air. Sehingga pada waktu memandikan bayi banyak juga aktifitas yang bisa para ibu lakukan untuk memacu dan juga merangsang aktifitas anak bayi dengan hal yang lebih bemanfaat.

Hal tersebut merupakan ekspresi kegirangan si kecil. Ketika bayi anak sedang beraktifitas dan moment menghentak-hentakkan itulah secara tidak langsung akan memperkuat otot-otot pada tangan serta kakinya. Atau pun saat buah hati memencet mainan didalam bak mandinya. Hal ini pula akan memperkuat jari-jari tangannya sekaligus juga merangsang indera perabaannya dan juga indera pendengarannya bila mainannya tersenut bisa mengeluarkan bunyi. Selain itu aroma sabun yang kebanyakan beraroma buah-buahan akan juga merangsang indera penciumannya.

Beberapa macam stimulasi pada anak / bayi tatkala sedang beraktifitas memandikan. Orang tua memang harus pandai dalam melakukan berbagi cara serta tips memandikan bayi agar selain bermanfaat bagi kesehatan sang bayi, akan bermanfaat pula bagi kecerdasan dan gerak motorik sang bayi. Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai orang tua dalam melakukan berbagai macam stimulasi yang bermanfaat bagi tumbuh dan kembangnya yang bisa kita sisipkan dalam acara memandikan bayi ini. Ada pula beberapa tips cara memandikan bayi yang bisa kita lakukan kepada bayi atau anak-anak kita. Dengan kita mengetahui berbagai macam manfaat memandikan bayi ini akan membantu mendorong para ibu khususnya agar dalam cara memandikan bayi yang benar bisa diterapkan sehingga manfaatnya akan lebih banyak kita dapatkan.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites