Monday, October 1, 2012

Cara Mencari dan Membuat NISN Siswa

Nomor Induk Siswa Nasional, saat ini seolah menjadi harga mati bagi sebagian besar siswa terutama yang tidak mengetahui NISN nya sendiri. Siswa-siswa SMP terutama yang sedang duduk di kelas 9 (kelas 3 SMP) masing-masing sibuk mencari atau ingin mengetahui nomor induk siswa nasionalnya. Dengan sedikit ancaman dari pihak sekolah tempat siswa bersekolah, bahwa jika tidak memiliki NISN siswa tersebut tidak bisa mengikuti Ujian Akhir Nasional. Galau deech...

Kebanyakan sekolah menyerahkan kepada siswa yang bersangkutan untuk mencari sendiri NISN nya lewat internet. Hal ini bagi sebagian siswa cukup menyulitkan terutama yang gaptek, alias tidak pernah menggunakan internet. Mereka kebingungan, karena tidak tau bagaimana cara mencari dan mengetahui NISN nya dan website mana tempat untuk mencari NISN tersebut. 

Buat Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mencari NISN tadi Julak akan share caranya.

1. Masuk ke alamat website http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data

2. Jika Anda sudah masuk ke alamat tadi, silakan masukkan Nama Lengkap, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir.

Klik tab/link Pencarian berdasarkan Nama, jika tidak diketahui NISN siswa

agar lebih jelas lihat gambar petunjuk di bawah

nisn 2009, nisn siswa nasional, nisn sdn, data nisn, nomor nisn


Masukkan nama lengkap siswa, tempat lahir dan tanggal lahir, format penulisan tanggal lahir adalah tanggal lahir/bulan lahir/tahun lahir. Contoh: 09/12/1998 atau 01/01/2001

Kemudian Klik Cari


dapodik nisn, download nisn, nisn nasional, nisn diknas,nisn siswa smp


Jika tidak keluar atau tidak ada data seperti gambar di bawah berarti NISN nya tidak ada.



Data NISN tidak ada hasilnya kemungkinan sebab terjadi karena;
1. Salah memasukkan nama, tempat dan tanggal lahir. Salah memasukkan 1 angka atau huruf misalnya nama berakibat nama dan NISN siswa tidak keluar. Jadi harus dilakukan hati-hati dan ulangi lagi.

2. Memang data siswa NISN belum pernah dibuat/diajukan/diusulkan oleh pihak sekolah

3. Bisa saja NISN nya ada, namun terkadang pihak sekolah atau operator "sembrono" memasukkan nama dan tempat tanggal lahir, sehingga antara pendaftaran usulan NISN dan saat pencarian NISN berbeda.

Contohnya ialah, misalnya
Nama siswa : Muhammad Salim, Tempat lahir Jakarta, 20 Juli 1999.
saat mengusulkan NISN bisa saja operator sekolah ataupun Dinas Pendidika menyingkat nama Anda menjadi M. Salim, maka jika begini pencarian NISN di website kemdiknas tadi tidak akan ada hasilnya



Gambar di bawah adalah ilustrasi contoh pencarian NISN yang berhasil dan tidak ada hasil

1. Pada gambar 1, saya memasukkan nama lengkap siswa, tempat lahir dan tanggal lahir siswa




2. Nah, ketemu khan??? Yup karena ada kesamaan data antara saat proses pencarian dan dan data siswa di database situs kemdiknas.


mencari dan mengetahui nisn siswa smp 2008, 2007, 2008, 2009


3. Pada gambar di bawah saya mencoba dengan menyingkat nama Fransiscus Ependarius menjadi F. Ependarius dengan tempat lahir dan tanggal lahir yang sama.

bagaimana cara mencari nisn yang tidak ada



4. Hasilnya. NOL BESAR

bagaimana cara mencari nisn siswa lama, nisn siswa 2008, nisn alumni SD,

Jadi bisa Anda simpulkan sendiri, dimana kesalahannya, Jika Anda operator pengusul NISN, maka biasakannlah mengetikkan nama siswa dengan lengkap tanpa menyingkat, karena yang kesulitan nantinya adalah Anda, sekolah, Kepala Sekolah dan siswa itu sendiri.


Untuk Kementerian Pendidikan semoga bisa memperbaharui proses cara pencarian agar lebih mudah dan lebih canggih lagi. Pertimbangkan juga sekolah-sekolah pedalaman yang hampir mustahil bisa mengakses internet.


Buat Anda siswa SMP atau Mts kelas 9 yang tidak ada juga NISN nya, coba ulangi lagi. Kalau tidak ada juga, silakan hubungi sekolah asal kamu waktu SD, jika masih tidak ada juga.... datangi operator/ Tata Usaha sekolah SMP sekarang, minta dibuatkan NISN baru. Jika Tata Usaha nya tidak bisa??? Mending gak usah ada TU dech... Melapor ke Dinas Pendidikan setempat.
 
(kejadian nyata di Kecamatan Saya, SMP dengan jumlah Tata Usaha dan Administrasi 6 orang, kok gak ada yang bisa bikinkan NISN, padahal Sekolah dengan gedung bertingkat, keuangan sekolah lancar, mustahil gak ada dana untuk sambungan internet, CAPEK DEEECH, Gak mau repot kali yeeee....???)


Buat operator SD atau SMP yang ingin mengusulkan Siswa lama atau siswa baru yang belum memiliki NISN bisa membuka artikel Cara membuat NISN Terbaru 2012-2013



-->


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites