Friday, October 26, 2012

Cara membuat Permohonan Sambungan Baru PLN Online; Murah Broooww

PLN sejak kepemimpinan bapak Dahlan Iskan sebelum menjadi menteri BUMN telah membuat terobosan baru, yaitu mengoptimalkan jaringan internet untuk pelayanan publik, termasuk mengecek biaya tagihan rekening listrik maupun permohonan sambungan instalasi listrik baru. Hal ini tentu menggembirakan kita (walaupun masih banyak kekurangan disana sini). Namun paling tidak ada peningkatan pelayanan sejak PLN dipimpin oleh Dahlan Iskan, antara lain 1 juta sambungan baru seluruh Indonesia.

Layanan permohonan sambungan baru lewat internet sebetulnya sudah ada sejak awal Januari lalu, namun masih terbatas pada area Jawa dan Bali. Namun sekarang mengajukan permohonan untuk penymbungan layanan listrik bisa dilakukan di hampir seluruh Indonesia. Layanan sambungan baru Instalasi PLN ini belum tersedia untuk Wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, Nusa Tenggara Barat, serta Nanggroe Aceh Darussalam.

Kebetulan saya pas lihat iklan layanan masyarakat di Metro TV eh ada iklan yang nayangin berita pemasangan permohonan sambungan listrik secara online. Akhirnya saya buka laptop dan coba-coba mendaftar.

Permohonan untuk sambungan baru relatif murah, di tempat saya saja mencapai Rp. 3 jutaan lebih,-, bahkan di daerah lain ada yang sampai 30 juta. padahal jika kita lewat internet tidak sampai segitu. Tidak sampai Rp 800.000,- (daya 900VA). Ya, beginilah Indonesia. semua area pelayanan publik seperti sudah dikuasai makelar. 

Oke tidak usah berlama-lama silakan ikuti cara membuat permohonan sambungan baru PLN lewat internet. Pastikan Anda Sudah Memiliki Email

1. Silakan masuk ke website PLN di  http://www.pln.co.id/

2. Lihat di bagian kanan bawah ada Kata "Penyambungan Baru". Klik



3.  Isi data pelanggan lihat yang saya lingkari merah.

Isi seluruh data yang ada dengan lengkap, sesuaikan Kartu Pengenal KTP atau SIM, Nama Lengkap, Pilih wilayah distribusi Propinsi, Area Pelayanan, Unit Pelayanan, Pemda, alamat (pilih jalan, nama jalan, Kelurahan di isi nama Desa atau Kelurahan, nomor Rumah, nomor telepon, Identitas pilih KTP atau SIM, isi nomor KTP atau SIM tadi. Memilihnya cukup klik tanda panah kebawah

data-data yang dibutuhkan untuk mengajukan pendaftaran sambungan listrik


4. Langkah selanjutnya adalah mengisi Data Pemohon. 
Agar lebih mudah dan cepat mengisinya. centang pada copy berdasarkan data pelanggan. Ini secara otomatis mengisi data pemohon. Anda cuma tinggal menambahkan alamat email pribadi. Jika belum memiliki email. Silakan buka artikel cara membuat email yahoo.com. Ini wajib karena data-data yang ada akan dikirimkan lewat email tadi

Jika sudah dicentang maka data yang kita isi di data pelanggan akan masuk, 
lalu isi form email Anda 2 kali

cara mendaftar PLN, menyambung listrik PLN lewat internet

5. berikutnya adalah memesan ukuran daya, type pelanggan dan produk layanan pembayaran yang akan dipasang
  1. Pilih produk layanan listrik Prabayar atau pasca bayar, peruntukkan industri atau rumah tangga,    Daya dan token perdana
  2. Klik Hitung Biaya, akan muncul berapa biaya yang harus Anda bayar di loket pembayaran permohonan PLN. Eits belum selesai.
  3.  Isi kode "aneh" hehe, sesuaikan huruf pada form angka 4
  4. .
  5. Klik simpan permohonan.

berapakah biaya sambungan baru PLN sebenarnya? data-data sambungan listrik PLN


Jika tahap tadi sudah selesai, jangan tutup dulu browser Anda dan tetap di Website PLN. Selanjutnya adalah membuka email Anda yang dimasukkan di Data Pemohon tadi. Buka email Masuk. Lihat ada tidak dari alamat PLN. Jika belum tunggu beberapa saat. Akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini:

teknis pengajuan sambungan baru PLN via online

Lihat kode yang Julak lingkari, catat atau copy kode transaksi tersebut

Masuk lagi ke website PLN tadi. KLik Entri Kode Konfirmasi, Lalu masukkan Kode Transaksi yang didapatkan / dikirim PLN di email tadi. Jika sudah KLik Simpan

bagaimanakah cara mengajukan permohonan menyambung listrik lewat internet?

Terlihat Pemberitahuan Konfirmasi regristasi PLN sudah berhasil. Klik Close

cara mendaftar sambungan listrik baru, instalasi sambungan PLN


BELUM SELESAI. Silakan buka lagi email masuk, disitu ada pemberitahuan lagi. Apa saja yang harus dilakukan. Misalnya teknis pembayaran di loket. Isi emailnya seperti di bawah:


Tanggal : 26 Oct 2012
ID Transaksi : PLN/261020120467890
Nomor Agenda : 234209911210247689
Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr : Julak-net
Alamat : JL julak-net.blogspot.com
Dengan hormat,
Sehubungan dengan permohona.comn PASANG BARU yang Bapak/Ibu/Sdr, atas pelanggan :
ID Pelanggan :
Nama : M. Julak-net
Alamat : JL julak-net.blogspot
Tarif Baru : R1T Daya Baru : 900VA
dapat disetujui dengan total biaya sebesar : Rp. 728,000 
Selanjutnya dipersilahkan Bapak/Ibu/Sdr melakukan pembayaran lewat Bank/Loket Mitra PLN dengan Nomor Registrasi (kode bayar) 2342012005678 selambat-lambatnya 30 hari sejak diterimanya email konfirmasi ini. Untuk informasi status permohonan Anda, bisa dipantau melalui alamat : http://www.pln.co.id/pbpd/Status.php
Atas perhatian Bapak/Ibu/Sdr kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami
PT PLN Persero

Berikut Gambaran Alur proses dan tata cara permohonannya. Gambar diambil dari website PLN



Saya sendiri baru saja mendaftar untuk pemasangan listrik, karena selama ini masih numpang sama tetangga, hehehe. Pertanyaannya? 
1. Sesuaikah nanti seluruh biaya pendaftaran dengan kenyataan di lapangan?
2. Mengingat orang-orang yang rumahnya sudah terpasang listrik di tempat saya sudah membayar 3 jutaan lebih, apakah kita tidak akan dipersulit atau diperlambat pemasangan jaringan PLN di rumah kita?
3. Saya tidak tauuu... ya coba-coba aja dulu laah. Semoga biayanya pemasangan sambungan baru listrik PLN ini bisa sesuai dengan apa yang ada di internet. Amiin. Jadikan Indonesia Lebih Baik.






0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites