Friday, June 22, 2012

Memberi Nama Yang Baik

Memberi Nama Baik Pada Anak. Sesungguhnya Allah itu Indah dan menyukai keindahan. Diantara salah satu dari bentuk keindahan ialah dengan memberi nama yang baik dan tidak memberinya nama yang mengandung makna buruk. Islam adalah agama kemudahan seperti yang disebutkan dalam firman-Nya :

"Allah menghendaki kemudahan bagi kamu"( QS. Al-Baqarah : 185 )

memberi nama baik, Taman Berbagi

Untuk itu Islam selalu menginginkan kemudahan, meskipun menyangkut pemberian nama anak, dan Islam tidak menyukai kesulitan dan kekerasan meskipun juga menyangkut pemberian nama. Karena Rasulullah juga memberikan tuntunan Islam dalam memberi nama. Hal ini dapat dilihat dengan jelas melalui larangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memakai nama Harb (perang).

Untuk itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Nama yang paling disukai adalah 'Abdullah dan 'Abdur Rahman, dan nama yang paling baik adalah Harits dan Hammam, sedang nama yang paling buruk adalah Harb (perang) dan Murrah (pahit)."( HR. Abu Dawud )
Diriwayatkan dari Ibnu 'Umar r.a yang telah mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda :
"Sesungguhnya nama yang paling disukai Allah adalah 'Abdullah dan 'Abdur Rahman."( HR. Muslim )

Untuk itulah kita sebagai Umat Islam dan umat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam disunnahkan memberi nama baik kepada anak-anak kita karena nama adalah bagian dari doa.

Sumber : Muhasabah

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites