Friday, May 11, 2012

Peran Seorang Ibu

Peran Tugas Ibu.Peran ibu dalam hal mendidik serta mengasuh anak-anaknya adalah sebagian dari tugas ibu yang mulia. Dan salah satunya adalah dalam hal memberikan pendidikan aqidah. Dan dalam rangka menjalankan peran ibu dalam hal pendidikan memang tidaklah mudah. Akan tetapi demi tercapainya anak untuk menjadi anak yang sholeh tentunya ibu akan banyak melakukan hal yang baik dalam memberikan pendidikan terutama dalam hal pendidikan agama.

peran ibu, tugas ibu, Taman berbagi

Diantara hal yang dapat mendukung peran seorang ibu adalah dengan berusaha memperbaiki dirinya sendiri.Karena dengan memperbaiki diri sendiri dengan kebaikan dan juga ketakwaan maka hal tersebut akan mendukung keberhasilannya dalam memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya. Faktor lainnya adalah memberikan keteladanan yang baik dalam sikap dan tingkah laku di depan anak-anak kita termasuk metode pendidikan yang paling baik dan utama. Hal ini disebabkan jiwa manusia itu lebih mudah mengambil teladan dari contoh yang terlihat di hadapannya, dan menjadikannya lebih semangat dalam beramal serta bersegera dalam kebaikan.

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah dengan memberikan metoda pendidikan yang baik dan benar. Diantara hal metoda pendidikan yang baik adalah dengan membiasakan anak-anak sejak dini melaksanakan perintah Allah Ta’ala dan menjauhi larangan-Nya, sebelum mereka mencapai usia dewasa, agar mereka terbiasa dalam ketaatan.

Peran ibu dan juga tugas ibu yang berkaitan erat dengan yang telah dikemukakan di atas adalah bahwasannya tugas ibu dan peran seorang ibu ini terlihat jelas pada kedudukannya sebagai pendidik pertama dan utama generasi muda Islam, yang dengan memberikan bimbingan yang baik bagi mereka, berarti telah mengusahakan perbaikan besar bagi masyarakat dan umat Islam.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites