Saturday, May 19, 2012

Berbuat Kebaikan

Berbuat Kebaikan.Hati mempunyai sifat dasar kepada pelaku kebaikan. Orang yang berbuat kebaikan akan dicintai banyak orang, dan menjadi orang yang paling dicintai Allah Ta'ala. Satu perbuatan kebaikan terkadang kita anggap remeh, padahal di sisi Allah sangat besar nilainya. Betapa banyak amalan yang dianggap kecil tapi diperbesar oleh niat yang ikhlas mengharap pahala dari Allah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebaikan sekecil apapun, meski hanya sekedar memberikan senyuman kepada saudaramu."( HR. Muslim (2626)
berbuat kebaikan, Taman Berbagi

Dan perbuatan baik banyak manfaatnya.Manfaat berbuat kebaikan diantaranya yaitu akan di jaga oleh Allah dari kejahatan di dunia, sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam melalui sabda beliau :
"Hendaklah kalian melakukan kebaikan, karena ia dapat mencegah marabahaya."( HR. Ibnu Abu Ad-Dunya ).
Selain itu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam juga telah menetapkan bahwa orang yang berbuat kebaikan adalah sebaik-baik manusia, beliau bersabda :
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia."(HR. Ath-Thabrani, Al-Baihaqi)
Pahala yang akan didapat oleh orang yang berbuat kebaikan amatlah besar, selain sebagai jalan sukses menempuh berbagai rintangan di hari Kiamat. Allah juga telah berjanji akan menutup aib orang yang suka berbuat kebaikan.

Sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam :
"Barangsiapa melepaskan kesulitan dunia dari seorang mukmin, maka Allah akan melepaskan darinya satu kesulitan pada hari kiamat.Barangsiapa yang mempermudah urusan orang dyang alam kesusahan, niscaya Allah akan mempermudah urusannya di dunia dan akherat.Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akherat.Allah senantiasa menolong hambaNya selama hamba itu menolong saudaranya."(HR.Muslim )
Untuk itulah sahabat, marilah kita untuk bisa dan berusaha berbuat kebaikan yang didasari niatan ikhlas dalam mencari ridha Allah Ta'ala

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites