Wednesday, November 30, 2011

Tutorial Photoshop : Cara Sederhana Mengganti Wajah Artis dengan Wajah Orang Lain

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, Adobe Photoshop. Yups, Hampir semua Komputer berbasis Windows OS yang kita beli sudah ditanamkan oleh penjualnya. Baik versi jadul 7.0 maupun yang terbaru versi CS 5 (12.0) (ada yg baru lagi gak yaa?)
Pada kesempatan yang berbahagia ini, Julak mau berbagi pengalaman bagaimana cara sederhana mengubah wajah foto artis dengan wajah kita. hehehe... Yuk kita simak bareng-bareng.

1. Buka Photoshop Anda.

2. Klik file (kiri atas) pilih open... (Ctri+O). Pada tahap ini kita akan membuka foto Artis idaman Anda yang ingin diubah wajahnya. Pada tutorial ini Julak akan mengambil gambar dari si Pembela Kebenaran Superman. hehehe. Klik kanan pada gambar pilih duplicate, tujuannya menduplikasi gbr aslinya agar tidak rusak nantinya.


3. Klik open lagi untuk membuka file gambar kita sendiri, proses sama seperti pada nomor 2.

memanipulasi foto orang dengan photoshop

4.  Klik crop tool untuk memotong gbr wajah kita, yg nantinya akan ditempelkan ke wajah suparman, heee


5. Crop/potong wajah kita dengan crop tool tadi ... (dengan mengarahkan pointer mouse ke wajah sambil ditekan mouse kiri.) klik kanan pilih crop

6. Klik drag tool (alat penggeser)

7. Geser foto kita yang sdh di crop ke arah wajah Suparman. Klik edit >> Free Transform untuk menyesuaikan bentuk wajah. Jangan lupa ubah/atur  opacity wajah kita, tool di kanan bawah (lihat gbr), tekan Enter kalo kira-kira udah pas.

mengganti wajah model menjadi wajah sendiri dengan photoshop

8. Klik Eraser tool (atau ketik huruf E) berbentuk seperti penghapus yg terletak di bawah crop tool. tool ini  untuk menghapus bagian yg tidak diperlukan pada gbr wajah kita. Jgan lupa untuk mengubah ukuran lebar brush eraser nya. 


9. Sapukan brush yg berbentuk lingkaran  ke gbr pada bagian wajah yg tidak dibutuhkan seperti gbr latar belakang foto kita. Cobalah terus bereksperimen dengan mengubah opacity, free transform dan ukuran maupun opacity brush yg kita sapukan. disini dibutuhkan kehati2an dan ketelitian, jika tidak sengaja menghapus wajah yg diperlukan klik edit > step backward (semacam undo di MS. word)

10. Klik view > zoom in / zoom out untuk mengubah perbesaran tampilan

11. Huufft capek juga yaaa, hehhee

12. Lanjut dech. Jika kira2 udah pas, tinggal kita atur kesesuaian warna pada gbr. klik image >adjusment, coba aja semua, baik hue saturation, color balance, maupun tool lainnya karena pada tahap ini tergantung pada warna dan kualitas foto yg ditempelkan ke wajah Superman.

13. Udah selesai...? Klik file save as... jangan lupa beri nama dan pilih format yang ada, bagusnya JPEG.  Pilih format Photoshop.PSD agar suatu saat kita mudah untuk mengeditnya kembali.

13. Akhirnya jadi deeecch... hehehe (sorry kurang sempurna gbr nya, sambil FB an siiih)

ubah wajah orang artis model dengan photoshop


Tips : 
1. Kalo bisa gunakan gbr dengan resolusi/memori tinggi agar kualitas foto yang dihasilkan bagus.
2. Terus diulang-ulang klo hasilnya mau bagus, karena namanya belajar pasti diulang2 n ada ulangannya. (sok tau, hehehe)

Ntar kita sambung lagi yeee...






0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites