Saturday, November 19, 2011

Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula

Cara Membuat Blog Bagi Pemula - Saat ini membuat website bukanlah suatu hal yang sulit. Blog dapat dijadikan salah satu alternatif, jika Anda ingin membuat website. Dengan blog Anda dapat membuat suatu website sederhana sesuai dengan keinginan Anda dengan mudah dan gratis.

Apakah yang dimaksud dengan blog itu ? Berikut beberapa definisi mengenai blog:
  1. Weblog atau blog merupakan teks dokumen, gambar, objek media dan data yang tersusunsecara hierarkis dan menurut kronologi tertentu yang dapat dilihat melalui bowser internet (misalnya internet explorer)
  2. Blog merupakan publikasi secara periodik dan tetap mengenai pemikiran personal seseorang dan juga link web
  3. Blog adalah jurnal yang disediakan pada sebuah web. Aktivitas meng-update sebuah blog dinamakan “blogging”. Seseorang yang mengelola blog disebut “blogger”
  4. Blog adalah suatu perjalanan yang berkesinambungan, dengan panduan logika yangberkelanjutan dan konsisten. Topik dan pembahasan di dalam sebuah blog biasanya konsisten pada topik utama, misalnya politik, sastra, musik dan sebagainy. Namun hal ini tidak bisa di jadikan patokan, yaa menurut sipemilik blog sendiri laah.
  5. Blog adalah jurnal yang disediakan pada web. Blog dapat di-update setiap hari dengan suatu aplikasi yang disediakan oleh penyedia. Tidak dibutuhkan suatu keahlian khusus untuk melakukan update atau mengelola blog. Posting dalam blog tersusun secara teratur sesuai kriteria tertentu, biasanya dengan pengaturan urutan tangga.

Secara umum blog memiliki fitur utama, yaitu: arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia blog gratis saat ini begitu banyak diantaranya: blogger.com, wordpress.com, friendster.com, xanga.com, blogdrive.com, blogsome.com, wordpress.com, multiply.com , dan lain-lain. Diantara sekian banyak penyedia layanan blog, blogger.com merupakan penyedia layanan blog yang populer. Jika Anda membuat blog dengan blogger.com maka alamat url blog Anda nantinya adalah: http://terserahanda.blogspot.com.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan langkah-langkah pembuatan blog dengan blogger.com.

Yuk kita simak sama-sama.

Pertama, pastikan Anda memiliki akun google mail (ex: julak@gmail.com) Masuk ke blogger.com, Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, Masukkan sandi akun gmail anda ke kotak yg ada. Klik Masuk


 

Akan muncul tampilan berikut, isi form yang ada. disini saya isi dengan kata Free. Pilih jenis Kelamin, Klik Lanjutkan


Klik CIPTAKAN BLOG ANDA, jika diperlukan, edit profil. namun menurut Julak hal itu perlu dilakukan nanti.


Isi Judul Blog sesuka Anda, kemudian masukkan alamat Blog yang Anda Inginkan, jangan lupa klik dulu Cek Ketersediaan


Pada gbr di atas, Julak masukkan alamat/URL, vellinpuspita.blogspot.com, namun tidak tersedia, Setelah Julak ganti dengan vellincantik.blogspot.com.(gbr di bawah)  ............. taraaaa...... alamat Blog tersedia, hehehehhehe. Klik Lanjutkan

Setelah itu......


Klik MULAI BLOGGING

Lalu pilih template awal, yaitu tampilan Blog kita nantinya


Masuk ke Dasbor, pilih Entri Baru untuk memulai menulis kiriman/postingan.




Jangan lupa beri judul pada tulisan yaa... lalu Klik  terbitkan Entri


Klik Lihat Blog (pojok kanan atas)

Jadi Deeeechhhhh.


Trusss.... mau apalagi..... Tunggu Postingan Selanjutnya.

Demikian tata cara membuat blog di blogspot

Selamat Mencoba.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites