Sunday, February 10, 2013

Tips Cara Jaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung bagi setiap orang sepertinya sekarang harus benar-benar diperhatikan. Karena beraneka ragam serta macam penyakit jantung kian manghantui masyarakat Indonesia dan juga masyarakat seluruh dunia. Apalagi penyakit jantung koroner juga menduduki peringkat pertama penyebab kematian pada orang yang mengidapnya.

Yang dimaksud dengan penyakit jantung koroner adalah suatu manifestasi khusus dan juga aterosklerosis (penumpukan plak) pada pembuluh darah arteri koroner dan hal ini berakibat kepada pasokan darah yang kaya akan oksigen yang dialirkan ke otot - otot jantung mengalami hambatan. Dan bila terjadi tiba-tiba dan tidak segera mendapatkan pertolongan akan bisa menimbulkan kematian yang tentunya tidak kita harapkan.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan kita berperan aktif dalam mengikuti cara menjaga kesehatan jantung kita maka kita termasuk juga dalam menjaga nikmat sehat yang telah Allah anugerahkan kepada kita semuanya. Karena dengan kita mensyukuri nikmat sehat akan bisa menjadi jalan untuk mendapatkan nikmat-nikmat Allah yang lain. Walaupun dalam sakit yang kita derita ada pepatah yang mengatakan bahwa sakit dan hikmah dibaliknya bila kita tetap bersabar dan berprasangka baik kepada Allah akan hal ini.

Berikut beberapa tips kiat menjaga kesehatan jantung kita yaitu :
  1. Olahraga Teratur dan Rutin. Olahraga akan sangat membantu dalam menjaga kebugaran tubuh kita dan juga kesehatan kita. Termasuk dalam menjaga kesehatan organ jantung kita pula. Untuk itulah pentingnya kita menjaga kesehatan jantung dengan melakukan olahraga walaupun bukan olahraga yang berat.
  2. Pola Hidup Sehat. Menjalankan segala aktifitas kita sehari-hari juga akan sangat membutuhkan kesehatan serta kebugaran dan hal ini dapat kita peroleh dengan kita menjalankan apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat. Karena begitu besar pula manfaat serta faedah ketika kita menjalankan pola hidup yang sehat dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpengaruh terhadap status kesehatan kita seperti halnya merokok, minum-minuman keras dan sejenisnya yang merusak kesehatan kita bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama.
  3. Pola Makan Sehat. Selain menjalankan pola hidup yang sehat, perlu pula kita menerapkan akan pola makan yang sehat dalam kehidupan kita. Banyak sumber dari segala penyakit disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Tidak luput pula akan penyakit jantung juga salah satu faktor resikonya adalah pola makan tidak sehat dan sembarangan. Untuk itulah kita perlu mengetahui juga bagaimana tips pola makan yang sehat demi merawat kesehatan jantung kita bersama.
  4. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan. Kiat tips menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan (general check up) paling tidak 1 tahun sekali ketika kita telah berumur 45 tahun ke atas. Karena kebanyakan penyakit jantung juga menyerang pada usia-usia di atas 45 tahun, walaupun trend sekarang ini ada beberapa kasus jantung koroner yang menimpa pasien yang berumur 30 tahun pula.
Demikian beberapa kiat sehat menjaga kesehatan jantung yang perlu pula kita perhatikan. Semoga dengan kita benar-benar menjaga kesehatan kita khususnya adalah kesehatan jantung maka kita akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit dan gangguan jantung pula.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites