Tuesday, January 31, 2012

Tips Menjadi Ahli Surga

Menjadi Ahli Surga

Dari Abdullah bin Salam r.a Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan (kepada orang yang membutuhkan), dan shalatlah kalian di saat manusia tertidur di kegelapan malam, maka kalian akan masuk surga dengan selamat.”
(HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Darimi ).

ahli surga,menjadi ahli surga,tips menjadi ahli surga

Dalam hadist di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menginformasikan kepada kita tiga tips menjadi ahli surga yaitu :

Ketiga hal tersebut adalah :
  1. Menyebarkan Salam.Memberikan atau mengucapkan salam merupakan salah satu syi’ar Islam dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  2. Memberikan makan kepada yang membutuhkan.Memberikan makan merupakan gambaran yang baik tentang ciri masyarakat yang Islami.Memberi makan tidak harus berupa makanan namun dapat juga berupa bantuan lain berupa pertolongan, bantuan keuangan, dan sebagainya.
  3. Shalat di keheningan malam.Shalat di keheningan malam terutama di saat-saat manusia sedang terlelap dengan mimpinya, merupakan gambaran nyata kecintaan seorang hamba terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala.Saat-saat tengah malam merupakan saat-saat paling berat untuk meninggalkan tempat tidur menuju tempat wudhu guna mensucikan jiwa menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala.Di saat-saat seperti inilah waktu yang paling efektif untuk mengisis ruhiyyah dengan pancaran keimanan dari Allah Sbhanahu Wa Ta’ala.Begitu berharganya waktu seperti ini. Salah seorang ulama mengistilahkannya dengan Ad-Daqoiq al-Gholiyah (detik-detik yang sangat mahal).

Sumber : Web MDMK

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites