Thursday, January 31, 2013

Cara Mencegah Insomnia

Ketika seseorang terkena gangguan tidur tentunya akan sangat membuat orang tersebut merasakan ketidaknyamanan. Demikian pula bila menderita insomnia atau pun sulit tidur. Hal ini akan banyak berpengaruh dalam produktifitas seseorang dalam menjalankan pekerjaan serta rutinitas dalam kehidupan sehari-harinya.

Pengertian insomnia ini adalah suatu keadaan dimana seseorang tersebut akan mengalami gangguan susah tidur serta sulit tidur dan atau kurangnya waktu istirahat tidur karena rutinitas yang memaksa seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dan karena terbiasa dalam menjalankan pola hidup sehari-harinya (pola tidurnya).

Cara Tips Mencegah Insomnia, tips atasi insomnia

Pengaruh insomnia ini bagi kesehatan akan bisa berdampak kepada keadaan kesehatan seseorang. Bisa berpengaruh kepada penurunan status kesehatan pula. Dalam sebuah penelitian bahkan disebutkan efek buruk insomnia ini atau tidur setelah larut malam akan bisa rawan terkena kanker hati, karena hati akan bekerja maksimal saat kita tidur antara pukul 11 malam – jam 3 malam, jadi jika kita tidur sangat larut, maka hati tidak bisa bekerja maksimal dan hal ini akan bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker.

Mengatasi insomnia ini memang juga bisa dibilang gampang-gampang susah. Bila belum dipraktekkan memang rasanya sulit akan tetapi bila di jalankan akan bisa membantu dan bisa dijadikan cara mencegah insomnia ini bila belum terjadi. Bila sulit tidur sudah terjadi maka hal ini akan bisa dijadikan tips cara atasi insomnia yang terjadi pada diri seseorang.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam rangka pencegahan insomnia ini adalah sebagai berikut :
  1. Berdoa dan berdzikir kepada Allah. Agama kita juga telah mengajarkan adab sebelum tidur dan salah satunya adalah dengan berdzikir kepada Allah sebelum tidur.
  2. Mempunyai pola tidur yang teratur. Pola tidur yang teratur akan sangat membantu seseorang yang mengalami kesulitan atau pun gangguan tidur semacam ini. Karena dengan keteraturan dan juga kebiasaan tidur tepat waktu akan bisa sebagai therapi dan pengobatan insomnia dan juga pada sebagian besar para penderita sulit tidur untuk bisa lebih baik lagi kualitas tidurnya terutama pada waktu malam hari.
  3. Melakukan beberapa kegiatan dan rutinitas ringan sebelum beranjak tidur seperti halnya membaca buku, mendengarkan musik untuk membatu membuat diri kita rileks dan santai sebelum kita tidur. Cara mengatasi insomnia jenis ini akan bisa dengan mudah kita jalani bila kita juga mempunyai hobi musik dan juga membaca buku.
  4. Jangan banayak makan dan minum sebelum tidur. Mengisi perut pada malam hari sebaiknya adalah 2 jam sebelum kita memulai aktifitas tidur istirahat kita. Karena hal ini akan mengistirahatkan pencernaan kita pula. Sehingga ketika kita tidur maka organ pencernaan kita juga bisa beristirahat dalam pekerjaannya. Hal ini termasuk dalam tips mengatasi sulit tidur Insomnia.
  5. Membuat suasana kamar tidur kita senyaman mungkin. Bisa dengan cara mengatur tingkat pencahayaan, suhu, kelembaban, sesuai pilihan yang kita inginkan. Cahaya yang redup bisa juga kita terapkan.
  6. Menghindari akan penggunaan nikotin, kafein, dan minuman beralkohol pada malam hari. Terlebih pada saat hendak seseorang akan beranjak tidur. Apalagi hal seperti nikotin dan alkohol sangat buruk bagi kesehatan kita pula.
  7. Makanan ringan rendah karbohidrat dan segelas susu hangat sebelum tidur bisa mempercepat tidur seseorang. Dan juga bisa membantu masalah susah tidur.
Demikian tadi beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam rangka cara atasi mencegah insomnia ini. Pengobatan akan insomnia ini juga memerlukan bantuan ahli psikologi atau psikiater bila telah dalam tahap yang lebih lanjut lagi.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites