Sunday, September 9, 2012

Perubahan Ibu Hamil

Perubahan Ibu Hamil - Perubahan Ibu Hamil Dalam Kehamilan Banyak perubahan-perubahan yang terjadi bila seorang wanita hamil. Tentunya yang pasti berbeda dengan wanita lainnya yang tidak hamil. Perubahan ini tentunya akan terjadi pada setiap ibu hamil, hanya saja respon dari masing-masing ibu hamil yang berbeda. Karena kita dapati banyak ibu hamil yang merasakan mual muntah, pusing dalam kehamilan terutama pada trimester pertama. tetapi mual muntah pada trimester pertama kehamilan tidak selalu terjadi pada setiap ibu hamil.

Perubahan dalam kehamilan ini ini didapatkan dari rekan blogger Keperawatan yang banyak juga membahas mengenai kesehatan dan juga keperawatan termasuk dalam mengenai hal-hal yang berkaitan dengan seputar kehamilan.

Perubahan dalam Masa Kehamilan

Beriringan dengan proses proses pertumbuhan janin di tubuh sang calon ibu maka hal ini akan menyebabkan beberapa perubahan pada ibu hamil dan sang calon ibu tersebut. Perubahan yang mendasar yang terjadi pada ibu hamil tersebut akan berdampak pada kehidupan calon ibu. Perubahan pada kehamilan bagi seorang ibu hamil memang berbeda dalam tiap mengandung masing-masing anak.

Dan perubahan proses kehamilan tersebut diantaranya yaitu :
  1. Perubahan Pertama. Perubahan ibu hamil yang pertama adalah dalam hal perubahan fisik dimana rahim ibu hamil akan menjadi lebih besar dan salah satu efek yang ditimbulkannya adalah sering berkemih serta juga rasa tidak nyaman di sekitar perut bagian bawah. Payudara juga membesar serta puting susu menjadi sensitif dan mudah terasa nyeri.
  2. Perubahan Kedua. Perubahan ibu hamil yang kedua adalah dalam hal perubahan dalam sistem hormonal dan kekebalan tubuh. Adanya hormon HCG menyebabkan ibu mual-mual dan ini semakin parah bila kehamilannya kembar. Kadar hormon progesteron yang tinggi menyebabkan ibu hamil ingin tidur karena hormon ini membuat otak ibu beristirahat.
  3. Perubahan Ketiga. Perubahan ibu hamil yang ketiga adalah dalam hal perubahan emosi atau kejiwaan. Ibu hamil akan merasa lebih mudah tersinggung, ingin selalu diperhatikan dan dituruti apa pun kemauannya, dan kadang-kadang timbul yang seringkali di masyarakat disebut dengan 'ngidam' (keinginan yang berlebihan akan sesuatu atau tidak ingin sesuatu yang biasanya disukai).
Untuk mengetahui akan perubahan-perubahan ibu hamil secara lebih lengkap lagi sahabat-sahabat bisa membacanya di dalam Perubahan Dalam Masa Kehamilan

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites