Wednesday, April 11, 2012

Gempa Bumi Aceh 11 April 2012, Waspada Tsunami


Daerah pulau sumatera khususnya Aceh hari ini kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan 8,8 Skala Richter. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru melaporkan bahwa gempa bumi di Aceh pada Rabu sekitar pukul 15.38.29 WIB mengguncang lima provinsi di Sumatra yakni Aceh, Bengkulu, Lampung, Sumatra Barat dan Sumatra Utara. Sampai artikel ini ditulispun masih terus terjadi gempa susulan yang berskala guncangan yang sama kuat dengan gempa pertama. Di televisi beberapa kali ditayangkan peringatan mengenai kemungkinan adanya tsunami.
gempa bumi aceh terbaru 11 april 2012
gempa bumi aceh terbaru

Gempa Bumi yang melanda Aceh ini kembali mengingatkan kita tentang gempa bumi yang diiringi Tsunami yang pernah terjadi di aceh pada tanggal 26 Desember 2004 lalu, Gempa Bumi Aceh 8.5 SR hari ini juga berpotensi menghasilkan Tsunami. 

Saat ini dibeberapa daerah di Aceh dan Sumatera Utara harus melalui waktu tanpa listrik, karena pembangkit listrik di wilayah tersebut mati otomatis setelah terkena guncangan gempa yang terlalu kuat. Warga berhamburan untuk menyelamatkan diri dari ancaman tsunami setelah gempa 8.5 SR, ada yang menuju perbukitan. Sementara itu sewaktu gempa terjadi, para pengunjung Swiss-Belhotel Medan berhamburan ke luar, karena guncangan terasa kuat dan menerus.
Dalam gempa ini BMKG menyatakan Aceh, Sumatra Utara dan Sumatra Barat berstatus awas, untuk itu warga diharapkan untuk waspada karena kemungkinan terjadi Tsunami cukup besar.
Kita doakan semoga saudara-saudara kita di pesisir barat pulau sumatera selamat, dan tidak terjadi tsunami seperti yang diprediksikan BMKG. 


-->

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites