Sunday, April 1, 2012

Beberapa Puasa Sunnah

Beberapa Puasa Sunnah.Alhamdulillah kita hari ini senantiasa diberikan nikmat iman, islam dan juga kesehatan sahabat semuanya sehingga kita saat ini masih dapat dipertemukan dalam keadaan sehat wal afiat aamiin..aamiin.Alhamdulillah pula postingan ini dengan wajah yang baru bagi Taman Berbagi yang telah berganti template dan Ibnu ucapkan terima kasih kepada Blog Keperawatan yang telah bersedia meluangkan waktunya membenahi template baru ini.Hari ini kita akan berbagi mengenai beberapa puasa sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan semoga artikel puasa sunnah ini bermanfaat sahabat.

puasa Sunnah,beberapa puasa sunnah,sunnah puasa,Taman Berbagi

Hari ini Taman Berbagi akan berbagi mengenai puasa-puasa sunnah yang dianjurkan Rasululah shallallahu 'alaihi wa sallam dan diantaranya yaitu :
  1. Puasa 6 hari pada bulan Syawal.Rasulullah telah bersabda : "Siapa yang berpuasa Ramadhan lalu diikuti dengan puasa 6 hari pada bulan Syawal, seolah-olah is berpuasa setahun penuh".( HR. Muslim, Tirmidzi, Abu Dawud ).
  2. Puasa Nabi Daud.Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Puasa yang paling Allah sukai adalah puasa Daud.Berpuasa satu hari dan berbuka satu hari".( HR. Bukhari )
  3. Puasa hari Asyura dan tasu'a (10 dan 9 Muharram ).Abu Hurairah meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya : Shalat apa yang paling baik sesudah shalat wajib.Beliau menjawab, shalat ditengah malam.Lalu beliau ditanya puasa apa yang paling baik sesudah Ramadhan.Beliau menjawab, Bulan Allah yang kalian sebut dengan Muharram".( HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud ).
  4. Puasa hari Arafah (9 Dzulhijah) bagi yang tidak menunaikan haji.Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Puasa hari Arafah bisa menghapus dosa selama 2 tahun, tahun lalu dan tahun yang akan datang.Sementara, puasa hari Asyura menghapus dosa satu tahun yang lewat".( HR. al jamaah, kecuali Bukhari dan Tirmidzi )
  5. Puasa 3 hari pada setiap bulan Qamariyah ( 13,14,15 ).Abu Dzarr al-Ghiffari berkata, Rasulullah shallaallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami untuk berpuasa dalm sebulan tiga kali, yaitu 13,14,15.Menurut beliau, ia seperti puasa satu tahun".( HR. Nasai )
  6. Puasa Senin Kamis.Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa melakukan puasa pada hari Senin Kamis.Maka beliau ditanya tentang hal itu.Beliau menjawab :"Amal hamba dihamparkan pada hari Senin Kamis.Aku ingin amalku dihamparkan sementara aku dalam kondisi puasa."
Sumber : Muhasabah

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites