Friday, March 2, 2012

Persiapan dan Tanda Menjelang Kelahiran

Tanda-tanda kelahiran merupakan isyarat bahwa sebentar lagi kelahiran akan berlangsung. Tapi, jangan terkecoh dengan tanda-tanda kelahiran palsu. Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa jadi patokan bahwa kelahiran bayi anda sudah dekat. Bila hal ini terjadi, segeralah kerumah sakit.

  • Kontraksi rahim terus berlangsung sampai bayi lahir. Kontraksi biasanya disertai rasa sakit, nyeri atau kejang. Kontraksi ini datang lalu hilang lagi secara teratur, dengan rasa nyeri yang makin lama makin kuat dan sering. Jika kontraksi sudah terjadi setiap 5 menit sekali, segeralah kerumah sakit. Pada kelahiran pertama kontraksi akan memakan waktu 12-14 jam sampai tiba saat kelahiran. Anda bisa menghabiskan beberapa jam di rumah sambil berjalan pelan-pelan atau istirahat bila diperlukan.
  • Rasa sakit saat kontraksi dimulai dari rahim bagian atas, lalu menjalar kebawah, yakni ke bagian atas tulang kemaluan. Setiap kontraksi akan diikuti dengan mengerasnya rahim, yang kemudian melunak lagi. Bila sedang kontraksi, pada saat yang bersamaan pengerasan rahim akan menimbulkan rasa sakit.
  • Keluarnya lendir bercampur darah dari vagina. Lendir ini mulanya menyumbat leher rahim, dan terdorong keluar oleh kontraksi yang membuka mulut rahim. Bercak darah tersebut biasanya akan terjadi beberapa hari sebelum kelahiran tiba. Tapi tak perlu tergesa-gesa ke rumah sakit, tunggu sampai anda mengalami rasa sakit di perut atau di bagian belakang dan dibarengi oleh konmtraksi yang teratur.
  • Keluarnya cairan jernih, putih kekuningan dan jumlahnya cukup banyak. Ini adalah air dari ketuban yang pecah akibat kontraksi yang makin sering terjadi. Bila hal ini terjadi, tetaplah tenang dan jangan panik. Teleponlah dokter dan segera kerumah sakit meski saat itu anda tidak merasakan adanya kontraksi. Untuk nmengatasi cairan yang terus mengalir, anda dapat menggunakan pembalut wanita.
  • Sebulan sebelum masa kehamilan tiba, sebaiknya anda sudah melakukan beberapa persiapan, mengecat dan membersihkan kamar si buah hati serta melengkapi keperluannya, seperti belanja kebutuhan pokok untuk sebulan dua bulan ke depan, dan sebaginya. Selain itu, sebaiknya anda juga mulai mengemasi keperluan anda dan si buah hati selama di rumah sakit.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites