Friday, March 16, 2012

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih

Rempah antivampir ini sangat lekat hubungannya dengan dapur. Aromanya wangi, cita rasa yang khas membuat masakan menjadi lebih nikmat. Di samping itu, bawang putih juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Selain bawang putih biasa yang daging bonggolnya berwarna putih, ternyata ditemukan juga bawang putih yang hitam. Memang sedikit meninggalkan tanda tanya, bawang putih, kok, hitam? Tapi, bawang putih hitam ini juga berasal dari bawang putih. Hanya saja bawang putih ini telah mengalami fermentasi sehingga bagian dalamnya berwarna hitam pekat dengan kulit luar berwarna putih kecokelatan.

manfaat bawang putihDibutuhkan waktu sebulan untuk membuatnya menjadi hitam. Saat dicicipi mentah terdeteksi cita rasa yang lebih manis dan tidak meninggalkan rasa pedas di mulut. Karena itu, bawang putih hitam ini pun lebih fleksibel dan cocok dikombinasikan dengan makanan apapun, termasuk salad. Meski tampilannya tidak menarik, bawang ini memiliki kandungan khasiat yang tak kalah dengan bawang putih reguler. Mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih mentah, dan memiliki S-Allycyteine, senyawa alami yang terbukti untuk dapat mencegah kanker.

Berdasarkan penelitian dan analisis menjelaskan bahwa kandungan bawang putih terdiri daru 25% minyak uap komposisi asam garam belerang, 40% protein, 2% minyak (lemak), juga mengandung vitamin B, C, dan E, mengandung mineral seperti asam garam belerang, fosfor, megnesium, kalsium, yodium, besi, potasium, sodium, mangan, dan zinc. Selain itu juga mengandung protida, fosfor, oksida “al-alil” dan antibiotik. Asam garam belerang pada bawang putih dipandang sebagai unsur penawar yang menakjubkan. 

Penelitian modern di Universitas Harvard, Amerika para imuwan di sana menemukan bahwa tumor yang bersifat kanker tidak dapat tumbuh dalam tubuh kecuali jika terdapat zat (bahan) yang disebut dengan cyclic guaanisine mono phosphate. Mereka juga menemukan bahwa resume sebagian tumbuhan mencegah pembentukan zat ini pada tabung percobaan. Jenis-jenis tumbuhan yang dimaksud antara lain bawang merah, mentimun, mentimun Mesir (qutsaa’), dan kembang kol (cauliflowerlbrocoly). Namun mereka juga menemukan bahwa kandungan bawang putih lebih banyak dalam penghambat terbentuknya zat tersebut. Penelitian juga membuktikan bahwa bangsa yang menggunakan atau mengonsumsi bawang putih setiap hari dinyatakan lebih sedikit menderita kanker usus. Demikian juga angka kematian yang disebabkan oleh kanker usus relatif jauh lebih rendah daripada negara-negara yang tidak menggunakan bawang putih sama sekali. Dengan presentase kematian mencapai 0,5 kasus saja dari setiap 100 ribu jiwa dari 40 kasus per 100 ribu orang.

Pengobatan dengan bawang putih :

- Untuk penyakit perut (usus), rasa mual, dan vertigo (pusing)
Cara : Masukkan 3 biji bawang putih yang dipotong-potong ke dalam gelas berisi susu lokal dan madu lalu diminum sebelum tidur. Juga meminum habbat al-saudaa yang telah dimasak yang dicampur dengan madu.

- Mencegah penyakit kanker
Cara : Biasakan mengonsumsi satu mengkuk salad hijau yang dicampur dengan dua biji bawang putih. Banyak juga yang mengonsumsi madu lebah, habbat al-saudaa, jus atau sari anggur hitam, buah murbei dan wortel segar.

- Mencegah penyakit lumpuh pada anak
Cara : Haluskan satu biji bawang putih lalu campurkan dengan susu si anak. Di minum setiap hari. Hati-hatilah mengabaikan melindungi air (getah) dadik yang telah dibuat dan ditentukan waktu-waktunya.

- Mengobati kelenjar beguk
Cara : Oleskanlah biji bawang putih yang telah dipotong-potong setiap hari setelah makan selama satu minggu. Juga meminum satu sendok minyak zaitun di waktu pagi dan malam.

- Mengobati penyakit typhus
Cara : campurklah lima biji bawang putih yang dipotong-potong di dalam gelas berisi susu lokal yang hangat dengan madu lebah lalu minumlah sebelum tidur dan mengoleskannya pada tulang belakang pasien dan sisi-sisinya diolesi dengan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun. Di pagi hari menghirup aroma bawang putih selama 5 menit.

- Mengobati luka atau bisul
Cara : Menumbuk bawang putih sampai hancur dan halus lalu dicampurkan dengan madu lebah kemudian dibalut pada luka. Bisa juga dengan cara mencampur bawang putih yang sudah ditumbuk halus ke dalam air hangat untuk membersihkan luka, ia dapat membunuh bakteri dan kuman.

- Mencegah penyebaran kolera
Cara : Konsumsilah satu sendok makan bawang putih yang telah ditumbuk halus dan satu sendok makan madu setiap selesai makan. Hal itu akan lebih bermanfaat dari serum yaitu merupakan resep berkualitas untuk wabah perut. Sebab bawang putih adalah salah satu obat terkuat untuk mencegah kolera dan typhus dan penyakit-penyakit perut dan wabah-wabah (epidemi).

- Mengobati penyakit TBC
Cara : Menghirup beberapa bawang putih yang telah dikupas lalu masukkan ke dalam satu liter air. Lemudian masaklah di atas api sedang. Ketika uapnya naik hiruplah uapnya. Lakukan setiap hari. Saelain itu ada juga cara lain yaitu ambillah satu biji bawang putih dan potong-potong lalu teguklah dengan sedikit susu kemudian minumlah setengah gelas madu lebah. Dilakukan setiap hari, akan lebih baik jika dikonsumsi setiap sebelum sarapan.

- Mengobati tekanan darah rendah
Cara : Minumlah segelas susu lokal yang dicampur dengan madu hitam dan satu biji bawang putih yang sudah dipotong-potong. lakukanlah setiap hari selesai makan sembari memperbanyak minum jus buah-buahan segar.

- Mengembalikan stamina dan vitalitas
Cara : Ambillah satu ons bawang putih yang telah dihaluskan, lima telur ayam kampung, 1/2 sendok makan kemun (cumin), dan sedikit garam, lalu iris 4 ons bawang putih dan campurkan minyak zaitun. Kemudian masaklah. Setelah itu makanlah dengan roti yang terbuat dari gandum asli. Lakukanlah terus menerus hingga beberapa hari.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites