Thursday, March 8, 2012

Cara Mengobati dan Mencegah Selulit Pada Wanita

pengobatan selulit
Apa sih sebenarnya selulit itu, hampir semua wanita mengalami hal ini yang sepertinya menjadi momok dikalangan para wanita ini. Selulite identik dimiliki oleh wanita yang sudah melahirkan saja, padahal teori seperti itu tidak benar, karena sesulite bisa saja timbul pada anak usia remaja. Selulit sering muncul pada daerah perut, paha atau bokong terkadang memang menyulitkan.

Meski selulit tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi dan mencegah pembentukannya. Jadi tidak ada salahnya jika Anda simak beberapa fakta yang bisa membantu Anda untuk memahami bagaimana mengatasi selulit, simak berikut ini.

Semua otot pada tubuh dilapisi dengan tumpukan jaringan lemak yang saling berhubungan. Pada jaringan yang ketebalannya beragam tersebut dikelilingi oleh cairan yang menyediakan nutrisi, sehingga mampu mengangkat produk buangan dari lapisan tersebut. Jaringan lemak ini dijalankan oleh serangkaian serat, sehingga saat sistem bekerja dengan baik maka semua produk buangan akan diangkat dan menghasilkan tampilan tubuh yang rata. Tetapi saat sistem pembuangan tidak berjalan lancar maka produk buangan akan mulai tertimbun. Produk buangan dan cairan ini lalu mengental dan mengeras, membentuk kantong-kantong keras yang tidak merata seperti parutan pada permukaan kulit. Hal ini lah yang menyebabkan adanya selulit.

Faktor yang memengaruhi adanya selulit adalah kurangnya asupan air putih, tidak pernah berolahraga, masalah pencernaan dan sembelit, tegang dan stres, polusi, pola makan yang buruk serta siklus hormonal.

Selulit dan penimbunan racun. Jika tubuh tidak bisa secara efektif membuang racun maka kondisi tersebut bisa memunculkan selulit. Tidak efisiennya sistem mengatasi racun dalam tubuh biasanya disebabkan oleh kelebihan makanan berlemak serta gaya hidup yang kurang baik. Sebaiknya Anda batasi mengonsumsi alkohol, kopi dan teh, makanan berbumbu, rokok, diet kilat, makanan berlemak dan krim, makanan berminyak, obat-obatan bebas seperti pil dan minuman diet, obat tidur serta obat pencahar.

Biasanya selulit akan muncul pada setiap bagian tubuh, sementara selulit cenderung muncul pada area-area seperti bagian dalam, atas dan belakang paha. Selulit juga akan muncul pada bagian punggung atas di bawah bahu, mata kaki, bagian dalam dan belakang, lengan atas, punggung bawah, pinggul serta perut.

Untuk mengetahui selulit yang ada dalam tubuh Anda, cobalah Anda cek keberadaan selulit dengan menekan kulit menggunakan ibu jari dan telunjuk atau dengan kedua telapak tangan Anda. Apabila terdapat lemak biasa maka akan terlihat rata tanpa ada gelombang atau parutan. Jika ada gelombang kasar maka di situlah selulit ada di bagian tubuh Anda.

Biasanya selulit mulai muncul saat usia memasuki 14 tahun tapi bisa juga sebelumnya. Memang selulit bukan disebabkan karena faktor keturunan, tetapi selulit bisa muncul karena kebiasaan hidup buruk yang diperoleh dari orangtua. Selulit biasanya juga muncul setelah masa kehamilan atau saat seorang ibu mengonsumsi pil KB.

Memang selulit memang tidak dapat dihilangkan, tetapi Anda bisa meminimalisir tampilannya atau menghindarkan pembentukannya. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kelancaran sistem pembuangan dalam tubuh dan mengembalikan jaringan penghubung menjadi normal kembali.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya yaitu menghindari junkfood, soda, makanan olahan serta lemak jenuh, seperti mentega atau lemak hewani. Cobalah Anda sikat kulit Anda setiap pagi dengan menggunakan sikat khusus badan. Lakukan tanpa air (kering), mulai dari bagian kaki lalu bergerak menuju jantung. Sikat juga bagian perut dengan melakukan gerakan berputar. Setelah itu mandilah dengan air dingin untuk memperlancar aliran dash dan mengencangkan kulit.

Sesekali Anda harus lakukan berendam dalam air suam-suam kuku yang telah dicampur produk rumput laut. Perawatan ini sangat baik untuk memberikan mineral dan meningkatkan sirkulasi. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu.

Berolahragalah secara rutin untuk merangsang sirkulasi dan meningkatkan metabolisme, memperbaiki kepadatan otot serta mengencangkan jaringan. Hindarkan latihan high impact yang bisa memberi beban lebih pada sistem aliran darah menuju jantung. Aturlah pola makan Anda yang sehat dengan menghindarkan makanan yang dapat menyebabkan penimbunan racun.

Pastikan proses pembuangan kotoran dan racun berjalan lancar. Anda harus cepat atasi sembelit karena merupakan salah satu penyebab utama terbentuknya selulit. Tingkatkan kerja kulit dengan membuatnya berkeringat sehingga mempermudah pembuangan kotoran.

Lakukan pijatan untuk merangsang sirkulasi, terutama pada area yang tidak tersentuh langsung oleh manfaat olahraga seperti bagian dalam lutut dan paha atas. Tetapi Anda harus hindari pijatan dengan tekanan terlalu kuat karena akan dapat mengganggu fungsi kelenjar getah bening dan peredaran darah mikro. Semoga Anda bisa mengatasi selulit dengan langkah di atas.

Selulit merupakan gangguan pada kulit yang biasanya terjadi karena jarang olah raga dan kelebihan berat badan. Selulit berupa gumpalan-gumpalan kecil seperti guratan-guratan pada kulit tertentu. Hal ini diakibatkan terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh.

Selulit akan berdampak buruk bila tidak segera diatasi, karena selulit dapat menganggu kelangsungan hubungan seksual anda dengan pasangan. Namun kini para wanita tak perlu merasa khawatir karena sudah banyak produsen produk kecantikan menawarkan obat penghilang selulit. Untuk itu mari kita simak beberapa cara untuk menghilangkan selulit tersebut :

Olah raga
Olah raga merupakan cara tepat dan murah untuk menghilangkan selulit tersebut. Usahakan untuk ber olahraga teratur. Hal ini diupayakan agar dapat memperlancar sikrkulasi darah, dan membuat otot tubuh mejadi lebih kencang, meyehatkan badan terlihat lebih bgar dan fresh bila dilakukan secara teratur dan baik minimal 3 kali seminggu, semisal : senam, berenang, bersepeda dsb.

Kopi
Caranya balurkan ampas kopi yang masih hangat pada bagian tubuh yang terdapat selulit, diamkan sejenak kira – kira 10 menit, lalu bilas dengan air hangat, jika perlu sebelum mandi bersih rendam handuk kecil atau basuh bagian tubuh yang terkena selulit dengan air hangat yang dicampur garam, lalu bilas dengan air bersih.

Jus hijau
Banyak minum air putih dapat membantu tubuh melunturkan kotoran dan mengurangi retensi air. Selain itu, Bailey juga menganjurkan kita minum jus dari bahan pangan berwarna hijau, seperti alpukat, mentimun, bayam, dan brokoli. Tambahkan apel agar terasa lebih manis. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sumber pangan hijau dari sayuran seperti brokoli dan kembang kol, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar estrogen. “Bila estrogen Anda tidak seimbang, biasanya akan timbul masalah pada kulit,” papar Bailey.

Goji beri
Dr Howard Murad, ahli kulit serta penulis The Cellulite Solution, menyebut buah yang satu ini sebagai pembasmi selulit. Sebab, buah berwarna pink dan berbentuk kecil-kecil ini akan memberi asupan mikronutrien dalam jumlah berlimpah, yang baik bagi sel kulit. Murad menganjurkan untuk menjadikan goji beri sebagai camilan, atau minum sekitar 30-90 ml jus goji beri setiap hari.

Makanan sehat
Ikan, ayam, telur, kacang, serta polong-polongan mengandung banyak asam lemak yang dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, sehingga dapat menjaga kekenyalan kulit. Anggur merah mengandung zat yang dapat menghambat enzim yang memecah kolagen. Sementara itu, konsumsi stroberi, dan rasberi yang tinggi antioksidan dapat membantu proses regenerasi sel kulit, demikian menurut Bailey.

Omega 3
Makanan yang kaya Omega-3 akan membuat kulit selalu lembab dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Konsumsi daging ikan sarden, makarel, tuna, atau salmon, setidaknya dua kali seminggu. Atau, Anda juga bisa mendapat sumber Omega-3 dari kacang-kacangan, seperti kenari, biji rami, dan kacang kedelai.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites